Warga Asing Ditampilkan di TV Sebelum Disuntik Mati

Hai semua sobat blogger dan non-blogger hehehe, hari ini seperti biasa saya ingin menulis sebuah artikel yang sedikit unik yang saya baca dari koran Analisa. Kalau kalian perhatikan judul artikel, untuk apa orang mau meninggal ditampilkan di televisi terlebih dahulu?? Nah, sekarang kita akan mencari tahu penyebabnya seperti apa. 

Ternyata!! empat warga asing tersebut dieksekusi mati di Kunming, Provinsi Yunnan, China karena telah membunuh 13 nelayan China di sungai Mekong pada tahun 2011. Sebelum mereka disuntik mati, wajah mereka sempat ditampilkan di televisi milik pemerintah.

BBC, pada Jumat (1/3) melaporkan bahwa empat orang tersebut menjalani hukuman mati dengan cara disuntik mati. CCTV News menyiarkan keempat orang tersebut saat dibawa keluar dari penjara tempat eksekusi. Akan tetapi, televisi tersebut tidak menyiarkan ketika proses eksekusi. 
Uniknya lagi, penayangan seperti itu dilakukan pertama kali di China, di mana orang yang akan dieksekusi mati ditampilkan di televisi. Tentunya hal ini banyak menimbulkan kontra dari masyarakat China itu sendiri. Banyak sosial media di China yang menunjukkan kemarahan mereka dan mengutuk tindakan televisi tersebut. 
CCTV News dikendalikan oleh otoritas China sehingga mereka diizinkan meliput peristiwa itu. Sepertinya, pemerintah China ingin menunjukkan kepada publik bahwa mereka tidak main-main dalam menangani kejahatan. Di antara 4 pidana tersebut sempat di wawancarai salah satu pindana yang bernama Naw Kham warga Myanmar. dia dikenal sebagai panglima milisi yang berkuasa di segi Tiga Emas di Thailand, Laos, dan Myanmar. Dia mengatakan bahwa “saya tidak bisa tidur selama 2 hari terakhir ini dan dia rindu dengan ibunya. Dia takut ibunya tidak kuat mengetahui itu semua.
Tiga pidana lainnya bernama Hsang Kham (Thailand), Yi Lai tidak mempunyai kewarganegaraan dan Zha Xika (Laos). Mereka ditangkap di Laos dan dibawa ke China pada Mei tahun lalu.

Sekian artikel tentang empat warga asing yang disuntik mati, semoga kalian bisa mendapatkan pelajaran dan manfaat dari artikel di atas.
Jangan lupa baca yang di bawah ini juga yaa ^^

Warga Asing Ditampilkan di TV Sebelum Disuntik Mati | Fahri Wijaya | 4.5