Cara yang Mudah Mengurangi Kembung

Wivrit.com – Perut Kembung sering menjadi masalah sehari-hari kita. Memang tidak begitu membahayakan bagi kesehatan, tapi membuat kita menjadi malas bergerak. Nah, hari ini saya akan memberikan cara yang ampuh mengurangi kembung tersebut.

Gas dalam perut bila berlebihan akan menciptakan rasa yang kurang nyaman. Gas yang berlebihan tersebut atau yang biasa disebut kembung itu bisa disebebkan oleh retensi air dalam tubuh, tidak rutin buang air besar, dan lain-lain. Saya ambil contoh, ketika perut kita kosong selama beberapa jam cobalah kalian minum 2-3 gelas air dingin. Kalian akan merasa seperti kembung, padalah kalian belum makan. Berikut saya jelaskan beberapa cara mengatasi perut kembung,yaitu:
1.Tambahkan asupan Potassium
Seimbangkanlah asupan garam dalam tubuh dengan asupan potassium. Akan tetapi, bukan berarti kalian memakan potassium itu langsung, tapi carilah makanan yang mengandung potassium seperti asparagus, melon,dan tomat. Demikian hal ini yang disampaikan oleh Tammy Lakatos Shames, RD, penulis buku “The Secret to Skinny”.
2.Perbanyak Bergerak
Menurut pakar Jacqueline Wolf, profesor ilmu medis di Harvard University, dalam bukunya yang berjudul “A.Woman’s Guide to a Healthy Stomach”, Banyak orang tidak mengetahui bahwa masalah sembelit sering terjadi karena kurangnya melakukan aktivitas atau latihan fisik seperti jalan,jogging,dan lari. Olahraga yang paling mudah dan murah tersebut mampu mencegah terjadinya perut kembung. Jangan terlalu sering duduk.
3.Minum air Secukupnya
Nah ini dia tips yang ketiga, minumlah air secukupnya. Cairan akan membantu membersihkan sisa makanan dari sistem pencernaan, sekaligus juga dapat mengurangi retensi air dalam tubuh. Jadi, pastikan kalian memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, katanya asupan minuman kopi juga bisa membantu kontraksi pada usus dan membantu mempermudah buang air.
4.Teh Peppermint
Ternyata teh peppermint mampu membantu mengurangi gas dalam pencernaan dengan menenangkan saluran pencernaan dan mendorong gerakan peristaltik yang normal. Penelitian juga mengungkapkan minyak mint kapsulan juga bisa membantu mengurangi sakit perut.
Sekarang banyak menurut kalian?? mencegah lebih baik daripada mengobati hehehe
Sekian artikel saya tentang cara yang mudah mengatasi perut kembung, semoga bermanfaat
Baca juga yaa artikel lainnya di bawah ini~
Cara yang Mudah Mengurangi Kembung | Fahri Wijaya | 4.5