Perbedaan Hipnotis dan Gendam


Perbedaan Hipnotis dan Gendam 


Waahh berbicara tentang hipnotis dan gendam ni sepertinya seru. Sebelum berbica lebih lanjut saya jelaskan terlebih dahulu apa itu hipnotis dan gendam. Menurut saya ni, Hipnotis adalah seni berkomunikasi dengan alam bawah sadar, jadi seseorang yang sudah terbuka pintu alam bawah sadarnya, akan menurut-menurut saja. Disuruh kayak gini mau, disiruh kayak gitu mau. Contohnya seperti yang dilakukan Romy Rafael. Untuk membuka pintu bawah sadar ada banyak caranya, mulai dari relaksasi, sugesti, dan lain-lain. Akan tetapi, apa perbedaan dengan gendam?? Gendam adalah ilmu “membalikkan kesadaran” seseorang sejenak. Pelaku gendam biasanya sudah memiliki keterampilan khusus. Dia biasanya mendekati orang yang sedang kosong pikirannya, lelah, sibuk, dan kemudian dia datang dengan mensugesti kalimat tertentu.

Sebuah Cerita
“Andi seorang pengusaha sukses membawa uang sekitar 100 juta yang ingin ia transfer ke bank. Di jalan, dia ditegur oleh dua orang yang tidak dia kenal dengan cara menepuk bahunya. Dengan terkejut, andi melihat ke belakang ada 2 orang yang menegurnya. Lalu kedua orang itu pura-pura bertanya-tanya sama Andi dan akhirnya membuat andi bosen dan lelah menjawab pertanyaan mereka. Tiba-tiba mereka meminta koper yang berisi uang 100 juta tadi yang dipegang oleh Andi. Lalu Andi memberikan secara cuma-cuma koper yang di pegangnya tadi”.
Dari peristiwa di atas Apakah hal tersebut termasuk Hipnotis atau Gendam??
Menurut pendapat saya, pertistiwa di atas bukanlah hipnotis, tapi GENDAM. Alasan logisnya adalah, Hipnotis adalah seni berkomunikasi dengan alam bawah sadar, seperti yang saya katakan di atas. Untuk membuat seseorang masuk ke dalam kondisi tersebut, butuh yang namanya relaksasi dan sugesti yang diberikan oleh penghipnotis. Akan tetapi, ada juga yang namanya “Fast Hipnosis”, seperti menjabat tangan lalu menariknya sambil mengatakan “TIDUR” yang pernah dilakukan Romy Rafael.
Sedangkan Gendam adalah menghilangkan kesadaran sementara. Jadi peristiwa di atas adalah gendam. Karena 2 orang di atas membuat pikiran Andi menjadi lelah dan bosen. Sehingga sewaktu lelah, pintu menuju pikiran bawah sadarnya terbuka sebentar dan pada saat itulah sugesti dari kedua orang tersebut masuk. Saya tidak begitu paham dengan kalimat-kalimat sugesti yang diberikan. 
Sekarang kalian sudah bisa mengambil kesimpulan kan, bahwa berita-berita yang menceritakan tentang kasus pencurian blabla dilakukan dengan cara hipnotis. Sebenarnya bukan hipnotis, tapi  lebih tepatnya Gendam. Satu lagi, Gendam dilakukan dengan tujuan NEGATIF, sedangkan Hipnotis dilakukan untuk tujuan POSITIF.
Sekarang saya mau nanya ni sama para pembaca, ada gak yang pernah mengalami peristiwa di atas??kalau ada share di bawah yaaa 🙂
Sekian artikel saya tentang 

Perbedaan Hipnotis dengan Gendam

semoga bermanfaat ^^

Bagi para pembaca, jangan lupa baca artikel yang ini juga yaa 😀



Perbedaan Hipnotis dan Gendam | Fahri Wijaya | 4.5