Efek Paling Mengerikan di Dunia Psikologi

Fahri’s Blog – Waahh kebetulan sekali kemarin saya tidak jadi ambil jurusan biologi, ternyata psikologi cukup menarik untuk dibahas dan ini salah satu efek yang mengerikan dalam psikologi. Oke, sebelumnya arti “mengerikan” dari efek ini bukanlah suatu hal yang negatif, tapi suatu yang positif. 

Nama efek ini adalah Efek Plasebo. Pernah dengar sebelumnya??

Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. Istilah plasebo diambil dari bahasa latin yang berarti “I shall please” (saya akan senang) yang mengacu pada fakta bahwa keyakinan akan efektivitas dari suatu penanganan akan dapat membangkitkan harapan yang membantu mereka menggerakkan diri mereka sendiri untuk menyelesaikan problem – tanpa melihat apakah substansi yang mereka terima adalah aktif secara kimiawi atau tidak aktif. Dalam penelitian medis tentang kemoterapi, sebuah plasebo -disebut juga “pil gula”- merupakan zat yang secara fisik menyerupai obat aktif tetapi sebetulnya tidak memiliki kandungan obat yang sesungguhnya. Dengan membandingkan efek dari obat aktif dan plasebo, peneliti dapat menentukan apakah obat memiliki efek khusus di luar yang diharapkan.

Efek plasebo adalah sembuhnya pasien dari penyakitnya ketika mengonsumsi obat kosong atau plasebo dan terjadi walaupun terdapat bukti yang berkebalikan. Plasebo biasanya hanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat. Efek ini muncul karena pasien yang mendapat plasebo tidak tahu apa yang diminumnya, namun sugesti bisa membuat obat itu benar-benar manjur layaknya obat asli.
Dr. Henry Beecher
Istilah plasebo effect berasal dari Dr. Henry Beecher, seorang dokter tentara Amerika, pada masa perang Dunia ke I menemukan bahwa ada tentara yang meninggal bukan krn tertembak atau terkena ranjau, namun meninggal karena ketakutan yang hebat. Pada masa itu,banyak tentara yang terluka dan persediaan morfin sangat terbatas. Beecher scr tidak sengaja menemukan bahwa hampir semua rasa sakit dapat dikendalikan dan dihilangkan dengan memberikan suntikan air garam.

Berikut 3 Faktor Utama dari Efek Plasebo:
1.    Keinginan seseorang untuk sembuh

2.    Pengharapan bahwa mereka akan sembuh, atau bahwa sesuatu yang positif dan baik akan segera terjadi.

3.  Kenyakinan mereka akan disembuhkan, baik karena percaya pada obat yang digunakan atau karena mereka percaya pada keahlian dokter yang merawat mereka. 

The American Journal of Psychiatry
Ditahun 2002, sebuah studi yang di publikasi di The American Journal of Psychiatry melaporkan bahwa 38% penderita depresi terjadi perubahan Mood positif dan bertahan lama setelah diberi “obat” yang sebenarnya tablet biasa. Bahkan Scanning pada otak para pasen ini menunjukkan adanya peningkatan aliran darah dan aktivitas listrik. Keberhasilan efek plasebo sebesar 35%, bahkan pada bebera kasus tingkat keberhasilannya mencapai 80%.
Efek Paling Mengerikan di Dunia Psikologi | Fahri Wijaya | 4.5