Bahaya!! Tidur di Tempat Terang dan Mendengarkan Musik

Bahaya tidur di tempat yang terang – Tidur merupakan kebutuhan alami setiap manusia. Dengan tidur yang baik dan berkualitas, metebolisme tubuh akan tertata kembali dan sel-sel dalam tubuh memiliki kesempatan untuk melakukan regrenasi. Menurut yang saya baca ini, katanya menurut beberapa penelitian salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas adalah tidur dengan memadamkan lampu dan katanya kita harus tidur dari jam 9 malam sampai 8 pagi untuk mendapatkan hormon melatonin secara maksimal. Menurut saya pribadi sih, jangan terlalu diikuti karena kan minimal kita tidur sekitar 6-8 jam. Kalau gitu sih bagi yang agama islam tidak solat subuh.

Melatonin
Hormon Melatonin
Hormon Melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap. Kadar hormon ini paling tinggi ditemukan ketika menjelang pagi hari sekitar jam 02:00-04:00 pagi dan paling rendah waktu sore hari. Ini juga menjawab persoalan kenapa orang semakin bertambah usia semakin sedikit tidurnya. Jadi, secara ilmiah, produksi hormon melatonin ini juga akan mengalami penurunan  dengan pertambahan usia manusia. Karena menurunnya hormon ini maka akan membuat kualitas tidur semakin menurun dan sering berdampak pada kesulitan untuk tidur. Fungsi hormon melatonin ini, antara lain:
1.    Mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur
2.    Sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air
3.    Meningkatkan imun tubuh
4.    Menimbulkan relaksasi otot
5.    Meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan
Nah itu sedikit penjelasan tentang hormon melatonin. Sesuai dengan judul artikel saya yaitu bahaya tidur dengan lampu terang dan mendengarkan musik berikut penjelasannya.
Ketika kita mau tidur dalam keadaan terang, indra penglihatan kita tetap bekerja menyerap cahaya. Contohnya coba kalian tidur, tapi biarkan lampu tetap menyala. Kalian akan merasakan cahaya di sekitar bola mata kalian, walaupun tidak terlalu banyak. Ini membuat otak kita terus bekerja menyerap cahaya yang masuk.
Sama halnya ketika kita tidur dengan mendengarkan musik, gelombang suara yang diterima oleh  alat pendengaran di dalam telinga, akan diteruskan ke otak. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.
Apabila hal ini terus dilakukan sepanjang malam, berarti hanya tidur menurut tubuh luar, sedangkan tidak menurut otak. Inilah yang membuat terkadang orang merasa sudah tidur lama, tapi seperti tidak tidur. Jadi jangan biarkan otak kita kelelahan karena terus bekerja dari pagi hingga malam.
Nah, sekarang bagaimana tanggapan dari para pembaca?? mana yang ada dipilih??
Sekian artikel saya tentang bagaimana bahaya tidur hidup lampu dan mendengarkan musik, semoga bermanfaat ^^
Baca juga yaa artikel lainnya di bawah ini ^^
Bahaya!! Tidur di Tempat Terang dan Mendengarkan Musik | Fahri Wijaya | 4.5