Alasan yang Logis Mobil Mati di Rel Kereta Api



Mengapa Mobil Mati di Rel Kereta api?? – Pernah dengar kejadian kecelakaan dimana sebuah mobil ketika melintasi rel kereta api, tiba-tiba mesin mobil itu mati alias tidak dapat dihidupkan. Saya sendiri sempat penasaran, mengapa hal itu bisa terjadi?? Jadi, saya coba melakukan pencarian ke berbagai situs dan akhirnya saya mendapatkan satu kesimpulan. Akan tetapi, sebelum saya jelaskan kenapa hal itu bisa terjadi, banyak orang berpendapat bahwa kecelakaan yang terjadi di rel kereta api itu karena ketidakdisiplinan seorang pengemudi terutama angkutan umum dan motor. Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor kecelakaan di rel ketika kendaraan mati adalah gugup nya pengendara ketika berada di dalam rel. Akan tetapi, pernyataan itu disanggah oleh beberapa orang dan terutama seorang “Ahli”. 

Jadi, sebenarnya yang terjadi adalah di rel kereta api itu dapat menghantarkan listrik dan magnet yang membuat mesin kendaraan itu terganggu dan mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan. Banyak juga yang mengatakan bahwa matinya mesin kendaraan di rel kereta api itu karena adanya pengaruh gesekan dan akhirnya menimbulkan efek impedansi

Efek ini mempengaruhi dynamo stater pada mesin yang terbuat dari magnet dan akhirnya mobil yang sudah terkena efek tersebut akan sulit dihidupkan. Akan tetapi, kita tidak perlu khawatir akan hal itu. Berikut ini saya juga menjelaskan tips dan trik agar terhindar dari hal tersebut.
1.Jangan lewat ketika palang kereta api mau tertutup
Ketika palang sudah ditutup dan ada sirene kereta api mau melintas, usahakan jangan melintasi rel walau jarak kereta api cukup jauh. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan efek impedansi tersebut.
2.Jika mobil mendadak api di tengah rel kereta api, Bunyikan klakson
Ketika mobil kita berhenti mendadak di tengah kereta api, bunyikan klakson dan stater terus-menerus. Para ahli percaya bahwa klakson dapat memutuskan medan magnet dan aliran listrik yang mengakibatkan mesin kendaraan mati.
3.Jangan Panic
Panic membuat semuanya jadi berantakan, usahakan coba terus dan tenang
4.Segera keluar jika keadaan tidak memungkinkan
Lebih baik kehilangan mobil dibandingkan kehilangan nyawa. Mobil bisa kita beli, sedangkan nyawa tidak dapat dibeli.
Kalau menurut kalian gimana saat menghadapi hal tersebut, kalau itu terjadi pada kalian??
Oke sekian artikel dari saya tentang Kenapa mobil tiba-tiba mati di rel kereta api dan Tips dan Trik untuk menghindari hal itu. Semoga Bermanfaat ^^

Baca juga yaa artikel lainnya tentang 



Alasan yang Logis Mobil Mati di Rel Kereta Api | Fahri Wijaya | 4.5