Menangis Bisa Membuat Sehat

Menangis Dapat Membuat Sehat – Menangis kerap menjadi cara untuk melampiaskan emosi terpendam. Banyak yang merasa lega setelah menumpahkan air mata. Merasa lebih tenang. Sejumlah penelitian bahkan mengungkap efek positif menangis terhadap kesehatan. Dikutip dari sebuah situs, menangis bisa menjadi pelepasan emosional yang baik atas rasa sakit, sedih, marah, atau stres. Hasil survei dengan sample pria dan wanita dari 30 negara menemukan bahwa mayoritas responden memiliki perasaan lebih baik setelah menagis. Lebih 70 persen terapis psikologi juga percaya bahwa menangis merupakan terapi yang baik bagi pasien. Studi terbaru yang melibatkan lebih 3000 responden juga menyebut bahwa menangis efektif meningkatkan suasana hati setelahnya. Tak berlebihan jika kemudian ada yang mengganggap tangisan sebagai katarsis atau media pembersihan atau pemurnian persaan melalui pelepasan emosional. Saat menangis, kita tanpa sadar akan melepaskan ketegangan, kesedihan, atau emosi lain yang memicu sakit. Efek positif lain dari menangis adalah bisa membawa orang lain menjadi lebih dekat. Seorang peneliti yang mempelajari aspek evolusi menangis berspekulasi bahwa menangis merangsang komunikasi intens dengan orang lain.

Air mata membuat seseorang tak berdaya yang mudah mendatangkan simpati sosial. Hasil penelitian lain menemukan bahwa menangis efektif meningkatkan kesehatan emosional.
Butuh sandaran untuk menangis – Orang yang mendapat dukungan sosial saat menangis merasa jauh lebih lega dan nyaman dibandingkan orang yang menangis sendirian. Jadikan sabahat atau kekasih sebagai sandaran saat menangis.
Menangis di tempat yang tepat – Menumpahkan air mata sebaiknya tak di sembarang tempat. Hindari menangis di tempat umum karena cenderung akan memunculkan mood yang lebih buruk. Tempat terbaik adalah menangis di tengah orang terdekat atau di sekitar orang yang memahami masalah.
Sekian artikel yang dapat saya sampaikan tentang Manfaat Menangis Untuk Kesehatan, Semoga bermanfaat ^^
Baca juga artikel lainnya yaa di bawah ini 😀

1)   Power of Mind – Cara Menghipnotis Diri Sendiri

2)   Psikologi – 5 Pola Asuh Orang Tua Yang Wajib Diketahui

3)   Kesehatan – Cara Mudah Menghilangkan Sakit Kepala

Menangis Bisa Membuat Sehat | Fahri Wijaya | 4.5