Cara Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan

Otak merupakan pusat pengatur dari segala kegiatan manusia. Otak terletak di rongga tengkorak dan dibungkus oleh tiga lapis selaput kuat yang disebut meninges. Selaput paling luar disebut duramater, paling dalam adalah piamater dan yang tengah disebut arachnoid. Otak manusia terbagi menjadi tiga bagian yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan sumsum lanjutan.


Kita tidak membahas tentang otak besar,kecil,atau yang lain. Kali ini saya akan mencoba menjelaskan Apa sebenarnya otak kiri dan otakkanan itu??Bagaimana fungsi masing-masing dari otak kanan dan kiri??dan Bagaimanacara menyeimbangkan kedua belahan otak itu?? Otak kanan merupakan otak yang berfungsi mengatur fungsi bagian kiri tubuh kita. Sedangkan otak kiri merupakan otak yang berfungsi mengatur fungsi bagian kanan tubuh kita. Jadi otak kita mempunyai kerja saling silang. Otak kanan mengendalikan aktivitas yang bersifat imajinasi,emosi,perasaan,kreativitas,ide ide,musik,dll. Sedangkan otak kiri mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur,rinci,sistematis,penalaran,dll. Menurut penelitan yang otak kanan yang lebih dominan dibandingkan otak kiri biasanya untuk wanita,sedangkan pria lebih dominan menggunakan otak kiri. Di masa sekarang pendidikan secara tersirat hanya mengajarkan bagaimana menggunakan otak kiri,sehingga banyak anak yang tidak menggunakan otak kanannya. Akhirnya banyak anak sekarang yang bertindak sesuka hati tanpa memikirkan apa dampak yang ia lakukan untuk orang sekitarnya. Kita ambil contoh,gang motor. Sekarang banyak pembunuhan yang dilakukan oleh gang motor. Kenapa gang motor itu mampu membunuh orang??karena yang dipikirannya dengan membunuh aku bisa mendapatkan barang-barang berharganya misalnya. Akan tetapi,di sisi lain dia tidak menyadari. Bagaimana seandainya kalau aku yang seperti itu??Bagaimana nasib keluarganya?mungkin saja yang dibunuhnya itu merupakan tulang punggung dari keluarga si korban itu. Artinya apa??dia tidak mempunyai perasaan lagi. Mungkin itu sedikit contoh ekstrem bagi orang yang lebih dominan otak kiri. Saya yakin orang yang mampu melakukan hal seperti itu,hanya beberapa saja. Artinya tidak semua orang yang menggunakan otak kiri seperti itu. Oke tanpa panjang lebar lagi,saya akan menjelaskan bagaimana cara menyelaraskan otak kiri dan otak kanan??

1.Belajar Menggunakan Tangan Kidal



Ketika seorang menggunakan bagian kiri anggota tubuhnya,maka otak yang bekerja adalah otak kanan. Kamu bisa melakukan hal seperti menulis,menyikat gigi,menggunkan mouse komputer. Mungkin pada awalnya akan sangat sulit,karena kita tidak terbiasa melakukannya. Akan tetapi,dengan latihan rutin pasti kita bisa melakukannya. Menurut Franklin Institute, jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan saraf yang ada dan bahkan membentuk saraf baru.


2.Bermain Puzzle atau Teka-Teki Silang



Bermain seperti menyusun puzzle,menyelesaikan teka-teki silang,sudoku akan sangat membantu kerja dari otak kiri. Karena kita melakukannya dengan penalaran dan bukan dengan perasaan.


3.Menikmati Musik


Mendengarkan musik mampu memancing emosi seseorang. Misalnya ketika kalian mendengar lagu yang melankolis akan membuat perasaan kalian sedih,apalagi jika digabungkan dengan pengalaman masa lalu dengan seseorang yang kita cintai. Selain mendengarkan musik,kalian juga bisa mencoba belajar bermain piano,gitar,dll. Pernakah kalian lihat seseorang bermain piano dengan menggunakan penalaran??saya rasa tidak, semua itu diaplikasikan melalui perasaannya.


4.Olahraga





Olahraga mampu memperlancarkan peredaran darah kita dan menyehatkan tubuh kita. Akan tetapi,selain itu olahraga juga bisa mempu memaksimalkan kerja kedua bagian otak kita. Contohnya,ketika kalian berlari,apa mungkin kalian berlari hanya menggunakan satu kaki??tidak mungkin ya rasanya. Artinya ketika kita olahraga kedua bagian otak kita bekerja bersama-sama.


5.Membaca


Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan ringan (seperti komik atau majalah) maupun bacaan untuk informasi. Menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada tahun 2001, membaca dapat membantu membangun ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya demensia.

Cara Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan | Fahri Wijaya | 4.5