Bernahkah Wanita Lebih Cerewet Dibandingkan Pria??

Percayakah kamu wanita lebih banyak berbicara daripada pria??Apa yang menyebabkan wanita lebih cerewet dibandingkan pria??
Kali ini saya akan membahas tentang wanita. Wanita menghasilkan dua puluh ribu kata per hari, sedangkan pria hanya tujuh ribu. Wajar bila wanita mampu berbicara sepanjang waktu. Demikian asumsi yang berangkat dari beberapa penelitian. Wah berarti rata-rata 1 dari 4 detik dipakai untuk bicara. Sehari=86.400 detik. Insititute of Psychiarty London menyimpulkan otak wanita bisa melontarkan sampai 8000 kata per hari. Pria hanya bisa 4000 kata per hari Geoffrey Beattie, Psikolog Universitas Manchester, membantahnya. Sekitar 24 dari 56 tinjauan studi disimpulkan, pria berkata lebih banyak. Ini didukung Matthias Mehl, Psikolog Universitas Arizona. Hanya selisihnya cuma ratusan saja.
 
  James Pennebaker
 
James Pennebaker Cs, University of Texas, Austria, meneliti 400 mahasiswa di AS dan Meksiko, berusia 19-25 tahun,melalui rekording beberapa hari. Hasilnya,pria lebih unggul dengan selisih tipis. Dugaan lebih cerewet dibahas pada buku, seperti “Why Men Don’t Listen & Woen Can’t Read Maps” oleh Allan & Barbara Pease atau “The Female Brain” oleh Louann Brizendine. Allan & Barbara Pease, tercatat wanita berbicara sampai 8000 kata per hari, sedangkan pria hanya menggunakan 2000-4000  kata. Dalam hal cerewet, pria melakukannya bila sesuai topik, seperti dalam konteks profesional, sementara wanita melakukannya pada hubungan sosial, seperti dengan teman kerja.
 
Menurut Leaper, wanita lebih nyaman ngobrol tentang perasaannya saat bergaul, sedangkan pria lebih berkuasa saat mengambil keputusan. Otomatis akan mempengaruhi jumlah kata yang keluar dari mulut. Ada pula klaim, wanita berbicara lebih cepat. Brizendine dalam tulisannya, wanita berbicara sekitar 250 kata per menit,sedangkan pria berbicara 125 kata per menit. Penelitian dilakukan terhadap ribuan responden melalui telepon. Ia,mengutip dari buku Allan Pease,mengklaim lebih bombastis. Wanita menggunakan 20 ribu kata per hari, pria hanya sepertiganya saja. 
 
Deborah Cameron
 
Deborah Cameron, guru linguistik Universitas Oxford, mengatakan jumlah kita berbicara dipengaruhi oleh siapa kita di mata mereka dan dengan siapa kita bicara. Ini akan mempengaruhi tingkat defensih sehingga otomastis mempengaruhi produksi kata. Tampak sampat kini belum ada kesepakatan. Survei terhadap seribu wanita yang dipastikan cerewet, lain halnya dibandingkan jumlah responden yang sama dengan beberapa karakter bicara.
Memori pada otak beberapa wanita boleh saja mempunyai jumlah kata yang sama untuk disampaikan segera dalam pernyataan atau perbincangan,namun realitas yang muncul dari mulut belum tentu sama untuk kurun waktu yang sama. Ini bisa terjadi akibat keterampilan dan kecepatan mulut itu sendiri. Belum lagi dengan perbedaan sikapnya masing-masing terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi kesimpulannya hanya mitos bahwa “Wanita lebih cerewet daripada pria
Bernahkah Wanita Lebih Cerewet Dibandingkan Pria?? | Fahri Wijaya | 4.5