Apakah Itu Psikokinesis??

Fahri’s Blog –  Psikokinesis berasal dari bahasa yunani, “pysche” berarti pikiran,hati,jiwa,nafas, sedangkan “kinesis” artinya gerakan. Secara harfiah psikokinesis berarti  kemampuan memanipulasi sebuah objek fisik hanya dengan pikiran semata-mata. Sebuah objek, bisa berupa benda maupun tubuh dimanipulasi dari jarak jauh. Salah satu bentuknya adalah psikokinetik metal-bending, yakni efek psikokinetik terhadap benda-benda logam seperti kunci, sendok, pisau atau semacamnya. Menurut parapsikologi,ada sebuah fenomena psikokinetik yang terjadi secara spontan. Dalam keadaan ketakukan atau bahaya seorang mampu mengeluarkan daya psikokinetik dalam dirinya. Misalnya saja membuat foto jatuh dari dinding,memecahkan kaca.
Menurut ahli parapsikologi,psikokinesis terbagi dalam 2 bagian,yaitu:


  1. Psikokinesis Makro adalah psikokinesis yang bisa diamati secara langsung,misalnya seorang yang dapat membengkokkan sendok,mengangkat benda tajam,dan tahan terhadap benda tajam.
  2. Psikokinesis Mikro adalah psikokinesis yang tidak bisa diamati secara langsung kejadiaanya. Misalnya pengobatan jarak jauh.
Dalam banyak kasus,seorang mengaku mempunyai daya psikokinetik seperti membengkokkan sendok atau yang lainnya ternyata penipu. Itu hanya sebuah trik sulap. Jadi, jika seandainya kalian jumpa sama seseorang yang mengaku-ngaku mempunyai daya psikokinetik,kalian harus curiga. Karena terdapat 2 kemungkinan,yang pertama dia menukarkan sendok atau barang metal lainnya dengan punya dia sendiri atau yang kedua dia memang benar-benar mempunyai daya psikokinetik. Intinya kalian jangan cepat percaya terhadap seseorang yang mengaku mempunyai kemampuan tersebut. Kita harus kritis terhadap hal ini,agar kita tidak mudah dibohongi.

Terdapat banyak bentuk psikokinesis yang umumnya dipercayai masyarakat keberadaannya. Selain mengontrol cuaca, beberapa diantaranya adalah tahan api, mengapungkan benda di udara, tahan benda sangat panas (ada orang yang bisa menempa pisau dengan tangan telanjang), tahan senjata tajam, dan lainnya. Termasuk yang sangat dipercayai masyarakat adalah penyembuhan jarak jauh. Dari suatu tempat, seseorang berupaya menyembuhkan orang lain yang berada di tempat lain.


Salah satu bentuk psikokinesis yang sering dipertunjukkan dimuka umum adalah tahan senjata tajam. Berbagai pertunjukan tradisional semacam debus, kuda lumping, atau kuda dor, biasanya selalu disertai unjuk kekuatan anti senjata tajam. Dalam kondisi normal, sangat tidak mungkin kulit akan tahan senjata tajam. Tapi dalam pertunjukan tersebut, seseorang benar-benar menjadi kebal. Untuk lebih meyakinkan, biasanya senjata tajam itu (biasanya berupa parang atau golok) disabetkan dulu ke benda tertentu semisal bambu. Sekali tebas, bambu sebesar lengan langsung putus. Jadi, bayangkan jika tangan manusia yang ditebas, mestinya juga bisa langsung putus. Tapi, nyatanya tangan sama sekali tidak luka, alias kebal.


                                                            

Uri Geller

Pada tahun 60-an, terkenal seseorang yang bernama Uri Geller. Ia berhasil membengkokkan berbagai benda metal. Pertunjukkannya sangat populer dan menakjubkan pemirsa televisi. Di studio TV, ia berhasil banyak membuat manipulasi terhadap benda-benda metal. Pada saat itu, Uri Geller bersedia untuk diuji di laboratorium. Hasilnya mengesankan. Uri Geller ternyata tidak mampu melakukan manipulasi apapun terhadap benda-benda metal di dalam kondisi laboratorium yang terkontrol.
Apakah Itu Psikokinesis?? | Fahri Wijaya | 4.5