Sejarah Pengembangan Kepribadian

Sejarah Pengembangan Kepribadian – Hai semua, sudah lama saya tidak mengupdate blog ini. Kali ini saya mau berbagi tentang cabang-cabang ilmu yang berbicara tentang kepribadian. Happy reading ^^
Ilmu tentang kepribadian sebenarnya bukanlah ilmu pengetahuan yang baru, cabang ilmu penghetahuan yang saat ini Anda pelajari adalah ilmu psikologi kepribadian, ilmu kepribadian yang Anda pelajari saat ini berawal dari sebuah ilmu kepribadian yang nilai ilmiahnya masih belum memadai, atau masi bersifat pra imiah dan telah lama dipelajari oleh para ahli, ilmu tentang kepribadian yang masih bersifat pra ilmiah, sampai dengan saat ini masih sering Anda jumpai dan sering disalahartikan dengan ramalam tentang kepribadian dan nasib seseorang, ilmu tersebut diantaranya:

Chirologi atau ilmu garis-garis tangan (bahasa jawa : rajah tangan), dasar pemikiran ilmu pengetahuan ini adalah kenyataan bahwa garis-garis tangan seseorang tidak ada yang sama dengan garis-garis tangan milik orang lain, bahkan dengan keluarga terdekat sekalipun. Dalam ilmu garis-garis tangan memberikan sebuah pemahan bahwa setiap garis-garis tangan menunjukkan arti kepribadian seseorang berdasarkan garis tangannya.

Ilmu ini sejak jaman pra ilmiah sampai dengan sekarang juga masi sering dipelajari dan dipergunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang, disebutkan bahwa ada garis kehidupan, garis percintaan, dan masih banyak garis tangan yang memberikan isyarat kepribadian seseorang, sekali lagi masa depan hanya kuasa Allah sang pencipta kehidupan, tidak seorangpun yang mampu meramalkan masa depan, karena masa depan adalah misteri.
Astrologi atau ilmu perbintangan, dasar pemikiran ilmu pengetahuan ini adalah pengaruh peredaran tatasurya terhadap manusia. Menurut pemikiran ilmu astrologi, pada waktu Anda dilahirkan, Anda berada dalam posisi tertentu terhadap benda-benda angkasa, jika sekiranya Anda dapat mengenal perbedaan-perbedaan berdasarkan sifat peredaran tatasurya, Anda akan dapat mengenal perbedaan-perbedaan mengenai sifat-sifat khas manusia. Misalnya, seseorang yang lahir pada pertengahan bulan Agustus dipengaruhi oleh rasi bintang Leo.
Grafologi atau ilmu tentang tulisan tangan, pengetahuan ini adalah hasil dari abad XIX, dasar ilmu ini adalah segala gerakan menulis yang dilakukan oleh manusia merupakan ekspresi daripada kehidupan jiwanya. Kalau Anda dapat mengetahui bentuk tulisan tangan seseorang dengan baik, berarti Anda juga dapat megenal keadaan khusus kepribadian penulisnya. Misalnya garis lurus dan tegas memberikan gambaran tentang orang yang kurang fleksibel dank keras, bentuk garis yang tidak beraturan memberikan  gambaran tentang kepribadian yang labil.
Phisiognomi atau ilmu tentang wajah, pengetahuan ini berusaha memahami kepribadian atas dasar keadaan wajah, dasar pemikiran pengetahuan ini adalah keyakinan bahwa ada hubungan antara keadaan wajah dan kepribadian. Hal yang tampak pada wajah dapat dipergunakan untuk menganalisa mengenai apa yang terkandung dalam kepribadian orang tersebut, Misalanya: keadan dahi dan kening adalah petunjuk untuk mengerti kecerdasan seseorang, hidung dan pipi adalah bagian yang dapat memberikan tanda mengenai halus atau kasarnya perasaan seseorang, mulut dan dagu dapat memberikan petunjuk tentang nafsu makan dan minum, mata adalah bagian yang mencerminkan seluruh kehidupan jiwa seseorang.
Phrenologi atau ilmu tentang tengkorak, pengetahuan ini bermaksud untuk memahami kepribadian seseorang atas dasar keadaan tengkoraknya, dasar pemikiran ilmu ini adalah bahwa tiap-tiap kecakapan dan semua pengendalian manusia berpusat di otak, jika salah satu dari kecakapan itu luar biasa, maka bagian otak dan bentuk tengkorak memberikan bentuk tertentu.
.
Onycologi atau ilmu tentang kuku, pengetahuan ini erat hubungannya anatar kuku diujung jari dengan susunan syaraf. Warna dan bentuk kuku dapat dipakai sebagai pedoman untuk mengetahui kepribadian seseorang.

Sekian artikel ini saya buat untuk semua orang yang ingin mengetahui sejarah dari perkembangan kepribadian manusia

Baca juga artikel lainnya yaa ^^

  1. Psikologi – Kumpulan Pertanyaan Tentang Psikologi
  2. Kesehatan – Bahaya Teh Celup Bagi Tubuh
  3. Tutorial Blog – 5 Cara Memikat Hati Pengunjung Blog
Sejarah Pengembangan Kepribadian | Fahri Wijaya | 4.5