Evolusi Manusia

Evolusi Manusia – Biologi modern berawal  pada 1859 dengan dipublikasikannya tulisan Charles Darwin On The Origin of Spesies. Darwin berpendapat bahwa evolusi terjadi melalui seleksi alam. Ia mengatakan bahwa seleksi alam yang berulang selama bergenerasi-generasi akan menghasilkan spesies yang memiliki adaptasi lebih baik dalam mempertahakan hidup dan bereproduksi di lingkungan mereka. Darwin juga mengambil contoh dari jerapah. Ia mengatakan bahwa jerapah pada dahulu kala ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Karena yang berleher pendek tidak dapat menjangkau daun di ranting yang tinggi, akhirnya jerapah leher pendek pun punah karena tidak bisa bertahan hidup untuk mendapatkan makanan. Jadi hanya jerapah yang leher panjang tetap hidup sampai sekarang. Begitulah teori seleksi alam menurut Charles Darwin.

Darwin juga menyodorkan tiga macam bukti untuk mendukung pendapatnya bahwa spesies berevolusi:
  • Ia mendokumentasikan evolusi itu dari catatan-catatan progesif fosil sampai lapisan-lapisan geologis yang lebih baru
  • Ia mendeskripsikan berbagai kemiripan struktual yang mengagetkan di antara spesies-spesies yang     masih hidup (misalnya, telapak tangan manusia,sayap burung, dan cakar kucing) yang menunjukkan bahwa mereka berevolusi dari nenek moyang yang sama.
  • Ia menunjukkan perubahan-perubahan penting pada tanaman dan hewan-hewan piaraan yang diwujudkan melalui progam-progam selective breeding.
 A.Perjalanan Evolusi Manusia
   Dengan mempelajari catatan-catatan fosil dan membandingkan spesies manusia saat ini, kita menengok ke belakang dan menyusun sejarah evolusioner spesies kita meskipun sebagian detailnya masih kontroversialnya. Perjalanan evolusi manusia di bagi dalam beberapa evolusi,antara lain:
Evolusi Vertebrata merupakan organisme-organisme dengan susunan sel yang komples dan mendiami wilayah perairan muncul pertama kalinya di bumi sekitar 600 juta tahun lalu. Contohnya,Chordates(kordota)adalah binatang dengan dorsal nerve cord(urat saraf besar yang memanjang di bagian tengah punggung atau dorsum(saraf corda dorsalis); para zoolog mengelompokkan spesies binatang ke dalam kordata terdiri dari 1-20 kategori besar atau phyla(filia,bentuk jamak dari filum).
Evolusi Amfibia sekitar 410 juta tahun yang lalu, ikan bertulang yang pertama mulai pergi meninggalkan air. Hewan amfibia pertama yang berevolusi sekitar 400 juta tahun yang lalu. Hewan amfibi(misalnya kodok, katak, salamander) dalam bentuknya yang baru(setelah berevolusi) harus hidup di air; hanya hewan amfibi dewasa yang mampu bertahan hidup.
Evolusi Reptilia sekitar 300 tahun yang lalu, reptile(misalnya kadal, ular, dan kura-kura) bervolusi dari hewan amfibi. Reptilia adalah vertebrata pertama yang mengerami telur yang terbungkus cangkang dan tubuhnya ditutupi oleh sisik-sisik kering.
Evolusi Mamalia sekitar 180 juta tahun yang lalu, selama puncak zaman dinasourus, sebuah kelas vertebrata baru berevolusi dari salah satu garis reptil kecil. Hewan betina kelas baru ini memberi makan anak-anaknya dengan sekresi yang berasal dari glandulan(kelenjar) khusus yang disebut mammary glands (kelenjar susu{glandula mamae}), dan para anggota kelas ini disebut mamalia sesuai nama kelenjar itu.

Baca artikel lainnya juga yaa ^^

sumber:Biopsikologi
Evolusi Manusia | Fahri Wijaya | 4.5