Bagaimana Mengatasi Insomania Dengan Dzikir??

Wivrit.com – Hai, hari ini saya akan membahas tentang Cara Mudah Mengatasi Insomania. Insomania atau biasanya disebut susah tidur sering kali menjadi penyakit remaja-remaja belakangan ini. Jadi insomania itu adalah keadaan dimana seseorang susah untuk mulai tidur  atau sulit untuk mempertahankan tidur pada waktu normal. Normalnya,manusia tidur sekitar 6-8 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi sekitar jam 9 atau jam 11 malam. Biasanya seseorang yang mengiidap insomania ini akan sulit tidur pada jam segitu. Insomania  bisa disebabkan oleh beberapa faktor,antara lain:
  • Farmakologis, pemakaian obat-obatan yang terlalu banyak
  • Medis, misalnya sakit kepala, kesulitan bernafas
  • Genetik, memiliki darah keturunan dari penderita insomnia yang parah
  • Konsumsi tembakau, alkohol,kopi yang berlebihan
       Secara Psikologis Insomania dapat disebabkan sebagai berikut:
  • Depresi dapat menyebabkan gangguan dalam REM (Rapid Eye Movement)
  • Sindrom post trauma
  • Stress karena beban pikiran terlalu banyak
  • Tegang, cemas atau kekhawatiran terhadap suatu masalah yg terlalu terdramatisir dalam pikiran
  • Traumatis,karena ditinggal dengan orang yang dicintainya
Lalu Bagaimana trik mengatasi insomania dengan dzikir???
 1. Ambil posisi tidur telentang yang paling nyaman
2. Pejamkan mata dengan pelan tidak perlu dipaksakan sehingga tidak ada ketegangan otot sekitar mata
3.  Lemaskan semua otot. Mulailah dengan kaki, kemudian betis, paha dan perut. Gerakkan bahu beberapa kali sehingga tercapai kondisi yang lebih relaks. Kamu bisa menghitung 100-1 untuk mendapatkan kondisi yang lebih relaks lagi
4. Perhatikan pernapasan. Bernapaslah dengan lambat dan wajar, dan ucapkan dalam hati frase atau kata yang digunakan sebagai contoh anda menggunakan frase “yaa Allah“. Pada saat mengambil nafas sertai dengan mengucapkan kata yaa Allah dalam hati, setelah selesai keluarkan nafas dengan mengucapkan Allah dalam hati.
5. Sambil terus melakukan no 4, lemaskan seluruh tubuh disertai dengan sikap pasrah kepada Allah. Sikap ini mengambarkan sikap pasif yang diperlukan dalam relaksasi, dari sikap pasif akan muncul efek relaksasi ketenangan. Diakhiri dengan posisi menghadap kiblat (ikut sunnah Rasul).
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya,  maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (QS. Az-Zumar: 42)
 
Sekian artikel saya tentang cara mudah mengatasi insomania dengan dzikir
semoga bermanfaat untuk yang mengiidap insomania maupun yang tidak dan diberi kesembuhan oleh yang Maha Kuasa ^^
Baca juga Cara-cara yang lain yaa
Bagaimana Mengatasi Insomania Dengan Dzikir?? | Fahri Wijaya | 4.5