Rokok Dapat Membunuh 300 Ribu Orang Per Tahun??

wivrit.com – Hai teman semua, kali ini saya akan membahas tentang  Benarkah Rokok sebagai mesin pembunuh manusia?? inilah yang saya baca dari koran kemaren. Sekarang banyak para remaja yang pecandu rokok terutama pada anak sekolahan. Sampai sekarang saya masih tidak mengerti, buat apa mereka merokok??apakah hanya ikut-ikut teman??sebenarnya rokok tidak diharamkan dan biasanya rokok diperuntukkan untuk orang yang sudah bisa mencari uang sendiri, bukan untuk anak sekolahan yang masih meminta kepada orang tua. Nah disini saya bukan memihak kepada yang bukan perokok,semua tergantung kalian. Karena kalian yang akan menjalani hidup kalian. Jadi,saya disini sedikit share tentang bahaya merokok bagi kesehatan kita

Rokok sebagai salah satu “mesin pembunuh” diperkirakan telah menyebabkan kematian 300 ribu orang per tahun di Indonesia sedangkan di dunia diperkirakan jumlah itu meningkat menjadi 5,4 juta kematian per tahun atau 1 kematian tiap 6,5 detik. Lebih dari 80 perokok ada di negara sedang berkembang seperti Indonesia. Riskesdas(Riset Kesehatan Dasar) tahun 2010 menunjukkan prevalensi perokok adalah sebesar 34,7 persen.

    Rokok yang tiap batangnya mengandung lebih dari 4000 jenis racun merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit di mana nikotin diketahui berkontribusi terhadap kanker paru-paru, hipertansi, penyakit jantung dan pembuluh darah, inferilitas pria dan juga terhadap terjadinya disfungsi ereksi.
     Pravelensi perokok di Indonesia sendiri tidak banyak berubah,data Riskesdar 2007 yang mencatat prevalensi perokok sebesar 33,4 persen namun perhatian besar diberikan terhadap meningkatnya jumlah perokok remaja seperti dalam survei yang dilakukan oleh Global Youth Tobacco Survey 2009 yang menunjukkan bahwa 20,3 persen pelajar SMP perokok.
    Dibandingkan dengan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 1995. Jumlah perokok remaja naik lebih dari dua kali lipat dimana peningkatan perokok pada remaja pria meningkat lebih pesat dibandingkan perokok remaja perempuan. Jumlah perokok anak juga naik enam kali lipat dalam 12 tahun yaitu 71.126 anak pada tahun 1995 menjadi 426.214 2007.
Oke sekian artikel yang bisa saya share tentang  bahaya merokok bagi tubuh dan survei-survei yang telah membuktikannya. Kalian punya pendapat lain tentang merokok??Silahkan postkan komen yaa…:)
Baca juga ya artikel yang lain tentang
Rokok Dapat Membunuh 300 Ribu Orang Per Tahun?? | Fahri Wijaya | 4.5